Berita Terkini

Gelar Pelatihan Service Excellent, Upaya KPU Jatim Berikan Layanan Lebih dari Standar

Surabaya, jatim.kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) terus berkomitmen meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui pelatihan service excellent yang digelar di internal lingkungannya pada Jumat, 21 Juli 2023.

Bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya, pelatihan diikuti oleh pejabat struktural mulai Sekretaris, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, serta pejabat fungsional dan staf di lingkungan KPU Jatim. Berlangsung mulai pukul 08.30 hingga selesai.

Berkesempatan membuka pelatihan, ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan pelayanan prima sangat vital bagi sebuah lembaga negara karena bentuk dan sifatnya adalah lembaga yang harus melayani. 

"Apalagi KPU, yang sudah sangat jelas dalam visi besarnya memberikan pelayanan kepada warga negara untuk menggunakan hak pilihnya," kata Anam.

Ia pun merasakan tidak mudah membuat layanan terbaik. Apalagi harus lebih dari standar umumnya.

 "Meskipun secara personality bagus, namun terkadang banyak dipengaruhi oleh problem-problem eksternal," terangnya.

Untuk itu, ia berharap pelatihan ini dapat diikuti oleh seluruh jajaran dengan baik dan kemudian dapat diaplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

Mempertegas yang disampaikan Ketua, bertindak sebagai narasumber, Public Speaker sekaligus Founder WePro Communication Grace Mamahit mengatakan, service excellence merupakan konsep yang memberikan layanan kepada pelanggan yang melebihi harapan serta memberikan kepuasan maksimal.

"Untuk itu, service excellence itu satu kesatuan yang terintegrasi dan tidak bisa dipisahkan. Artinya, tidak hanya dilakukan pegawai yang berada di front liner, tapi menjadi tugas keseluruhan SDM di dalamnya," kata Grace.

Perempuan yang juga berpengalaman sebagai presenter tersebut kemudian membagikan trik dan tips bagaimana memberikan layanan yang melebihi standar.

Diantaranya, terdapat 6 prinsip yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan prima atau lebih mudah disingkat A6. Yaitu attitude, attention, action, ability, appearance, dan accountability. Yang masing-masing dijelaskan dengan apik oleh narasumber.

Pelatihan tampak semakian meriah dan penuh keseruan, dengan sesekali peserta diajak ice breaking. Peserta pun tampak antusias baik memperhatikan materi yang disampaikan maupun praktik yang dilakukan.

Perlu diketahui, selain ketua dan sekretaris, pelatihan juga dihadiri oleh Anggota KPU Jatim Divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian, dan Pengembangan, Rochani.***

(AFN/Fto. Sekti)

 

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 97 kali