
MEDIA GATHERING: KPU INGINKAN WARTAWAN BANTU SOSIALISASI PILGUB 2018
Surabaya, jatim.kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), melaksanakan Media Gathering dengan puluhan wartawan, di lantai 2 aula setempat. Dalam kegiatan tersebut, KPU Jatim sekaligus juga meminta masukan dari kalangan wartawan untuk suksesnya seluruh tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 nanti. Devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyatakan, peran media massa baik cetak elektronik dan siber sangat dibutuhkan dalam Pilgub 2018 akan datang. Minimal, menjadi bagian dari kalangan yang membantu menyosialisasikan seluruh tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU. “Peran teman-teman wartawan yang lebih dekat dan bersentuhan dengan publik, menjadi penting bagi kami terutama dalam melakukan sosialisasi Pilgub 2018,” ujarnya. Gogot menerangkan, ada dua segmentasi yang menjadi focus dari KPU dalam melakukan sosialisasi yakni kalangan keluarga dan warga internet (nitezen). Nah, di situ terutama di kalangan nitizen yang menjadi bagian dari kalangan wartawan untuk membantu melakukan sosialisasi Pilgub 2018 ke kalangan masyarakat. Terlebih, dengan maraknya media massa yang berbasis internet (siber), akan menjadi bagian yang bisa membantu sosialisasi dari KPU Jatim. Gogot berharap, adanya komunikasi yang baik dengan kalangan wartawan akan menjadi modal kekuatan tersendiri dalam membangun demokrasi di Jatim. “Setidaknya dengan media gathering ini, bisa mendapat kritik dan masukan membangun dari kalangan wartawan,” urainya. Sementara itu, wartawan Koran Harian Bhirawa Siti Soelistiya menyatakan siap membantu KPU Jatim dalam menyukseskan Pilgub 2018 yang akan datang. Beberapa konsep sosialisasi dengan berbagai segmentasi sudah disiapkan, termasuk salah satunya diusulkan untuk sosialisasi di pusat keramaian seperti pasar modern dan mall. “Kalau di Kota Surabaya, sosialisasi Pilgub 2018 di mall saya kira sangat tepat. Itu karena tren kekinian kalau mall itu ramai dikunjungi oleh hamper seluruh segmentasi pemilih, terutama pemilih pemula,” terangnya. (MC - BAY)